Wednesday, April 15, 2009

Reviewing the Six Strategy of juvestore.com

Juvestore.com adalah situs resmi dari klub sepakbola asal Italia, Juventus. www.juvestore.com memberikan informasi perlengkapan resmi yang digunakan official dan pemain Juventus maupuin produk sponsor (Nike). www.juvestore.com hanya menjual produknya secara online.

I. E-Channel Strategy

1.Kepentingan internet sebagai sebuah cara/jalur dalam pemilihan strategi
www.juvestore.com merupakan website dengan pemilihan strategy “Clicks”, yaitu semua transaksi dan layanan dengan pelanggan dilakukan dengan online.

2.Tujuan web
Tujuan dari berdirinya www.juvestore.com adalah untuk memenuhi kebutuhan fans yang ingin mendapatkan produk olah raga berlogo Juventus dan memang resmi dari supplier. Perbedaan yang dihadirkan adalah emosi dari pembeli. Target market yang terutaman adalah fans Juventus akan merasakan emosi saat membeli langsung dari web dan diyakininya dibeli langsung dari klub, dimana barang yang dibeli adalah barang yang sama yang digunakan juga oleh pemain Juventus. Tujuan komersial tentunya sebagai pendapatan bagi klub dan juga bagi sponsor.

3.“Right Channeling”
Web ini menggugah konsumen untuk membeli di web. Produk yang ditawarkan ada yang ditawarkan juga di toko Nike, namun dengan memberikan harga yang lebih murah ditambah dengan tingkat emosi yang didapatkan, web ini menjadi pilihan bagi para fans Juventus.

II. Organizational restructuring and capabilities
www.juvestore.com mengunakan metode In-house division, yaitu masih menjadi satu kesatuan dengan web utama www.juventus.com. Hal ini juga memudahkan promosi juvestore.com, karena fans yang terbiasa membuka web juventus.com akan tertarik dan melihat-lihat ke web juvestore.com


III. Business, service and revenue model
Target konsumen www.juventus.com sangat jelas yaitu fans dari klub Juventus. Cara penawaran sangat sederahana. Disediakan aplikasi E-katalog untuk melihat segala jenis produk dan produk terbaru. Disediakan juga kategori per produk seperti, bagian sepatu, bagian baju, bagian pernak pernik, bagian bola, dll. Model pendapatannya adalah pembagian keuntungan dengan pihak sponsor. Sponsor utama dan mayoritas produk yang ditawarkan adalah merk Nike. Modelnya adalah dengan pembagian presentase keuntungan.

IV. Marketplace restructuring

Sell-side : Partner with new online
www.juvestore.com menggunakan cara lain dalam menjual yaitu dengan bekerja sama dengan web fans klub juventus di berbagai Negara; www.juventus-indonesia.com, www.juvemas.com (Malaysia). Didalam situs per Negara disediakan direct link ke juvestore.com.

Buy-side: Disintermediation
www.juvestore.com melakukan penyediaan barang dengan kerjasamanya Nike sebagai sponsor.

V. Market and product development strategy

Market development strategy
Dengan adanya www.juvestore.com, fans juventus yang tersebar hamper diseluruh belahan dunia dapat membeli produk bertanda Juventus. Adakalanya disuatu Negara yang tidak mempunyai toko khusus produk Juventus atau barang tidak asli atau jauh dari tempat tinggal. Diharapkan dengan adanya web, maka dapat memperluas pasar dan melayani seluruh kebutuhan fans

Customer value improvement
Pada awalnya fans hanya membeli ditoko Negara berasal. Dengan adanya web toko resmi, fans dapat mendapatkan pendapatan nilai berharga yang tidak dia dapatkan bila membeli ditoko.


VI. Positioning and differentiation strategies

Product performance excellence
Dipastikan bahwa produk yang dijual adalah asli Nike dan barang adalah produk resmi yang juga digunakan oleh para official dan juga pemain Juventus.

No comments:

Post a Comment