Wednesday, April 1, 2009

www.kaskus.com

WWW.KASKUS.COM

www.kaskus.com adalah wbsite yang mempunyai konsep mempertemukan penjual dan pembeli. Selain itu, kaskus juga mempuyai forum untuk para anggotanya berinteraksi dan juga mempunyai aplikasi streaming radio kaskus.
Penjual dan pembeli harus mendaftarkan dirinya (sign in) di kaskus untuk dapat berinteraksi. Penjual dapat sebagai penjual resmi (dealer), pengusaha kecil, ataupun penjual yang ingin menjual barang bekasnya. Demikian, barang yang ditawarkan dapat berupa barang baru ataupun barang bekas. Barang yang dijual tidak hanya 1 jenis (homogeny) tetapi semua orang yang ingin menawarkan produknya dapat megiklankannya di www.kaskus.com. Setiap barang dapat ditawarkan di www.kaskus.com. Setiap pembeli dapat melihat dari menu barang yang mau dicari dicari. Calon pembeli yang tertarik dapat langsung memesan kepada penjual dan pembayaran sesuai dengan kesepakatan diantara mereka.

Marketplace position:
www.kaskus dalam pasar bertindak sebagai perantara dengan memberikan wadah pertemuan.
Dapat dikatakan juga kaskus.com sebagai pihak netral karena tidak memberikan ajakan, penilaian terhadap suatu barang tertentu.

Revenue Model:
Sekarang: Revenue model yang digunakan adalah dengan advertising revenue model. Dengan semakin terkenalnya www.kaskus.com dengan lengkapnya, maka banyak penjual yang menawarkan melalui website ini. Kaskus menetapkan pendapatan dari pemasangan iklan dan bukan komisi dari suatu penjualan.
Rekomendasi: Pada masa dating, kaskus harus dapat menghitung jumlah transaksi antara penjual sehingga revenue model dapat juga dengan tingkat efektifitas iklan dan juga jumlah penjualan.

Type Of business
Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, www.kaskus.com berperan sebagai perantara perdagangan. Sedangkan, bila dilihat dari sisi lain (penjual dan pembelinya), kaskus dapat dikatakan B2B, B2C, atau C2C. B2B adalah ketika seorang produsen menjual barangnya yang kemudian diolah kembali untuk baru dijual kepada konsumen akhir. Dikatakan B2C, karena banyak pabrik kecil yang juga menawarkan produknya langsung ke konsumen akhir. Contohnya adalah kaos hasil tekstil Bandung. Dikatakan C2C karena adanya barang bekas yang juga dijual. Konsumen akhir menjual kembali ke konsumen akhir yang lain. Contohnya: Kamera bekas, Sepatu bekas, dll.

2 comments:

  1. bagus sekali konsep yang di tawarkan kaskus,...seprti nama'nya kaskus emang selalu kasak-kusuk membantu penjual dengan pembeli,sy marasa sangat terbantu sekali dangan adanya situs kas-kus ini,...sukses buat kas-kus,...semoga tetap jaya,....

    ReplyDelete
  2. saya ingin memasang iklan produck yang saya punya yaitu woodworking and general supplier

    ReplyDelete